Wednesday, May 6, 2015

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans

MONDANTA.Blogspot.com

Membuat kalkulator sederhana menggunakan Java Netbeans cukup mudah. Karena program yang di tulis tidak terlalu rumit, tapi memang perlu sedikit kesabaran karena lo pasti baru belajar make Netbeans, ya kan?
Program ini gue buat waktu di kasih tugas sama dosen mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Program yang gue buat ini cukup simple, nyari kodingannya lewat om Google. :D
Gue berusaha jelasin secara detail dari memulai Java Netbeans sampai program kalkulator sederhana selesai dibuat. Pastikan Netbeans IDE nya sudah terinstall dengan baik. Gue pake Netbeans IDE versi 7.2.1. Gue saranin lo pake Netbeans yang versinya ga terlalu jauh dengan yang gue pake.

It's time to begin.

Buat Project Aplikasi Baru

Buka Program Netbeans IDE yang sudah terinstall di PC.
Klik File --> New Project 

Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )

Pilih kategori Java, dan project Java Application
Lalu klik Next >
Membuat Project Aplikasi Java Baru
Tampilan Membuat Project Aplikasi Java baru
Nama project kita sekarang adalah KalkulatorSederhana.
Tips : Untuk project name saya sarankan tidak menggunakan spasi.

Lokasi project simpanlah di folder yang aman dan nyaman. hehe

Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Penamaan dan lokasi project java
Penamaan dan lokasi project java
Project baru telah selesai dibuat.
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat.
Source Packages masih kosong 

Persiapan desain interface Aplikasi Java

Setelah membuat project baru, selanjutnya adalah mendesain tampilan kalkulator yang akan kita buat.

Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form

Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.

Lalu klik Finish.
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, gue saranin pake Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya, pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).

Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumenTampilanKalkulator.java lalu lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout

Mendesain tampilan aplikasi

Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalamDesign TampilanKalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.
Desain kalkulator sederhana di netbeans
Desain kalkulator sederhana di netbeans
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif -->  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )

Agar sesuai dengan kodingan yang udah gue buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan.
Daftar nama variabel tiap komponen

Menulis kode java

Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java 
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
public class TampilanKalkulator extends javax.swing.JFrame {

String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;

Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.

Inilah kode- kode yang harus ditulis pada setiap JButton

Tombol 0 s.d 9
angka += "x";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol koma (,)
angka += ".";
display.setText(angka);
Menambahkan simbol koma/point

Tombol C (Clear)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";

Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

Tombol ( + ) 
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

Tombol (=)
        switch(pilih){
            case 1:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 + angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 2:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 - angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 3:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 * angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 4:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 / angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
                default:
                break;
    } 

Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadiString agar yang bisa ditampilkan di display.

Penyempurnaan Tampilan

Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.

Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
  • Isi title JFrame.
  • Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame di aplikasi kalkulator
Properti JFrame
Mengatur Properti JTextField

Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame -->Properties

  • Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
  • Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 
Properti display kalkulator
Properti JTextField display

Menjalankan Aplikasi

Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Aplikasi Kalkulator Sederhana


Selamat, anda telah menyelesaikan satu project Java menggunakan Netbeans. :)

Download Projectnya

KODE PROGRAM CREATE, READ, UPDATE, DAN DELETE DENGAN NETBEANS DATABASE

MEMBUAT APLIKASI CREATE, READ, UPDATE, DAN DELETE DENGAN NETBEANS DATABASE (PART 2)

Standard
Pastikan anda sudah membaca tutorial sebelumnya yaitu Membuat Aplikasi Create, Read, Update, dan Delete Dengan Netbeans Database (Part 1) Baca >>
Pada tutorial kali ini akan membahas hasil program dan analisa program. (Silahkan klik gambar untuk memperbesar).
Pada saat program ditampilkan (Shift+F6) maka tampilan awalnya adalah sebagai berikut:
image
1. Proses Lihat Data
image
Analisa: Apabila kita menekan button Lihat / Lihat Data / Ctrl+L maka data dalam database akan tampil pada jTable seperti gambar diatas. Data diurutkan secara descending atau yang paling akhir berada diatas.
2. Proses Simpan Data
Apabila kita menginputkan data seperti gambar berikut:
image
Kita hanya diharuskan mengisi data No.identitas, nama, jenis tike dan banyak. Untuk harga dan total bayar sudah otomatis dari program.
Kemudian kita klik simpan maka data yang kita inputkan akan masuk didalam tabel seperti gambar berikut:
image
Muncul kotak dialog yang berisi Data sudah masuk. Terima kasih! Kemudian semua jTextField dan jCombobox diset nilai kosong.
3. Proses Ubah Data
Untuk mengubah data kita harus memiliki no identitas terlebih dahulu, masukkan no identitas dan semua data yang perlu di ubah (Nb. No identitas tidak bisa diubah).
image
Apabila kita ingin mengubah jenis tiket dan banyak tiket seperti data diatas kemudian kita klik button ubah / lewat menu ubah / Ctrl+E,
maka akan tampil data seperti gambar berikut ini:
image
Jenis tiket dan banyak tiket pada no.id SN00004 telah berubah dan jTextField dan jComboBox di kosongkan.
4. Proses Hapus
Untuk menghapus data kita tinggal menekan tombol Hapus / menu hapus / Key Delete kemudian akan tampil kotak dialog input no identitas seperti gambar berikut:
image
Kita akan menghapus data SN00004 -> Klik Ok maka akan tampil sebagai berikut:
image
Muncul kotak dialog data sudah terhapus dan dapat dilihat pada table tidak ada no.id SN00004 dengan nama Sagita Putri.
5. Proses Pencarian
Untuk mencari data pada database kita tinggal menekan Edit -> Cari Data (Ctrl+F) kemudian akan tampil kotak dialog input no identitas seperti gambar berikut:
image
Kita coba cari data dengan no identitas SN00001 kemudian kita klik ok.
Maka data dengan no identitas SN00001 akan tampil seperti gambar berikut ini:
image
6. Menu About
Untuk menampilkan menu about kita klik Help -> About / Ctrl+0 kemudian akan tampil halaman about seperti gambar berikut ini:
image
Untuk keluar klik saja button keluar.
7. Proses Keluar
Untuk keluar dari program dapat kita lakukan dengan klik File -> Keluar (Crtl+x) seperti gambar berikut ini:
image
Kemudian akan tampil kotak dialog terima kasih seperti gambar berikut ini:
Klik Ok untuk keluar dari program.

Download Kumpulan Aplikasi Java 7 Java Mobile



Download Kumpulan Aplikasi Java 7 Java Mobile

Posting kali ini merupakan lanjutan dari posting yang sebelumnya yaitu Kumpulan Novel Aplikasi Java
Namun Pada kesempatan kali ini, faridelly.com, akan membagi-bagikan Kumpulan Aplikasi Java secara gratis.

Mungkin dari dari salah satu kumpulan aplikasi java gratis ini merupakan aplikasi yang anda cari, Jadi silahkan anda unduh sepuas-puasnya.




Berikut Kumpulan Aplikasi Java Gratis Untuk Anda.

Nama   : X Ray Scanner
Format : Jar
Size      : 442 Kb




Nama   : Windows Xp Mobile Edition
Format : Jar
Size      :  245 Kb



Nama   : UC Browser V 8.0.107
Format : Jar
Size      : 429 Kb



Nama   : Ttpod
Format : Jar
Size      : 419 Kb


Nama    : Kamus Inggris-Indonesia
Format  : Jar
SIze       : 422 Kb



Nama    : Super Bluethoot Hack
Format  : Jar
Size       : 106 Kb
Nama    : Ringtone Cutter
Format  : Jar
Size       : 131 Kb


Nama    : Moby Eksplorer V3
Format  : Jar
Size       : 122 Kb



Nama    : Mediaval Bluethoot File Tranfer
Format  : Jar
Size       : 187 Kb



Nama    : All Format Writter
Format  : Jar
Size       : 54 Kb



Nama    : Google Map
Format  : Jar
Size       : 128 Kb



Nama    : 3D Word Clock
Format  : Jar
Size       : 144 Kb
Download 

Tutorial Membuat Aplikasi Java Mobile

Cara Membuat Aplikasi Java Mobile Sederhana

Hai sobat-sobat sekalian, kali ini saya akan membahas tentang membuat aplikasi java di HP. Pertama-tama teman-teman harus mempunyai aplikasi J2SE ( jdk-6u3-windows-i586-p ), J2ME WTK ( sun_java_wireless_toolkit-2_5-windows ), JCreator.
Urutan penginstalannya adalah sebagai berikut:


  1. install J2SE ( jdk-6u3-windows-i586-p )
  2. install J2ME WTK ( sun_java_wireless_toolkit-2_5-windows )
  3. klik kanan my computer, properties, advanced, enviroment variables,klik variable Path lalu klik edit. Di jendela Edit System Variable ketikkan ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin;%PATH%
  4. install JCreator
Sebagai contohnya:
  1. Buka aplikasi Wireless Toolkit 2.5
  2. Klik New Project
  3. Isi Project Name (disini sebagai contohnya saya isi dengan ProjectTextBox2) danMIDlet Class Name (disini sebagi contoh saya mengisikan MgmtTeks1), lalu klikCreate Project
  4. Di Target Platform, pilih JTWI , lalu klik OK

  5. Buka aplikasi JCreator nya
  6. Di menu bar pilih File, newfile atau tekan ( ctrl + N )
  7. Dikotak sebelah kiri pilih Java Classes, dikotak sebelah kanan pilih Empty Java File, lalu klik Next
  8. Isikan Name nya ( disini sebagai contohnya saya mengisikan MgmtTeks1 ).
  9. Pada Location, klik ikon kotak, lalu pilih My ComputerC: WTK 25apps,ProjectTextBox2src, lalu klik OKFinish
  10. Isikan Script dibawah ni di JCreator, jika script dibawah ini tidak bisa dijalankan, download saja file txt aslinya disini,
    DOWNLOAD

    /*=============================================
    Program Management Teks Memakai Object TextBox
    =============================================*/
    import javax.microedition.midlet.*;
    import javax.microedition.lcdui.*;

    public class MgmtTeks extends MIDlet
    implements CommandListener
    {
    private Display disp1;
    private TextBox tb1;
    private Form InfoForm1;
    private Alert alert1;
    private Command CmdExit;
    private Command CmdAturTeks;
    private Command CmdInsertTeks;
    private Command CmdBlankTeks;
    private Command CmdFormInfo;
    private Command CmdReturn;

    public MgmtTeks()
    {
    disp1 = Display.getDisplay(this);
    tb1 = new TextBox("Management Teks", null,256, TextField.ANY);
    CmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
    CmdAturTeks = new Command("Atur Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdInsertTeks = new Command("Insert Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdBlankTeks = new Command("Blank Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdFormInfo = new Command("Form Info", Command.SCREEN, 2);
    CmdReturn = new Command("Return", Command.SCREEN, 2);
    tb1.addCommand(CmdExit);
    tb1.addCommand(CmdAturTeks);
    tb1.addCommand(CmdInsertTeks);
    tb1.addCommand(CmdBlankTeks);
    tb1.addCommand(CmdFormInfo);
    tb1.addCommand(CmdReturn);
    tb1.setCommandListener(this);
    }

    public void startApp()
    {
    disp1.setCurrent(tb1);
    }

    public void pauseApp()
    {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional)
    {
    }

    public void commandAction(Command Cmd, Displayable s)
    {
    if (Cmd == CmdExit)
    {
    destroyApp(true);
    notifyDestroyed();
    }
    else if (Cmd == CmdAturTeks)
    {
    tb1.setString("Atur teks di TextBox");
    }
    else if (Cmd == CmdInsertTeks)
    {
    tb1.insert("Teks Disisipkan", 0);
    }
    else if (Cmd == CmdBlankTeks)
    {
    if (tb1.size() > 0)
    {
    tb1.delete(0, tb1.size());
    }
    }
    else if (Cmd == CmdFormInfo)
    {
    InfoForm1 = new Form("Informasi Teks Di Form");
    InfoForm1.append("Teks Yang Ada: " + tb1.getString() + "\n");
    InfoForm1.append("Jumlah karakter: " + tb1.size() + "\n");
    InfoForm1.append("Posisi Kursor: " + tb1.getCaretPosition());
    InfoForm1.addCommand(CmdReturn);
    InfoForm1.setCommandListener(this);
    disp1.setCurrent(InfoForm1);
    }
    else if (Cmd == CmdReturn)
    {
    disp1.setCurrent(tb1);
    }
    }
    }
  11. Save
  12. Pada Wireless Toolkit 2.5 klik Build, lalu Run
Mudah bukan cara membuat aplikasi HP dengan Java, sobat-sobat sekalian pati bisa 

Monday, November 11, 2013

SOAL KUIS 1 FKIP


Soal

11.     Jelaskanlah Pengertian INTERNET :
a.     Secara Umum
b.     Menurut Anda

 2.2.     Jelaskanlah secara singkat sejarah perkembangan INTERNET:
a.     Di Dunia
b.     Di Indonesia

33.     Sebutkan dan jelaskan fungsi INTERNET di dalam dunia pendidikan dan bisnis

44.     Sebutkan dan jelaskan dampak positif dan dampak negatif dari INTERNET

55.     Jelaskan secara singkat apa yang anda ketahui tentang E-mail

66.     Jelaskanlah langkah-langkah membuat:
a.     E-mail
b.     Blogger
Catatan :
-         Di Tulis Tangan      
-         Di Kirim Ke E-Mail (Yutuberocky@yahoo.co.id)
-         Di Posting Ke Blog Masing-masing (Judul : KUIS 1 FKIP)

(Paling Lama Hari Kamis Jam 2 WiB)