Friday, April 13, 2012

download game flash

http://janggeng.blogspot.com/2009/06/membuat-game-flash-matematika-sederhana.htm
to download click di sini !!!!  lhttp://janggeng.blogspot.com/2009/06/membuat-game-flash-matematika-sederhana.html

MEMBUAT GAME FLASH action script 2.0 dan adobe flash CS3


sainTutorial Membuat Game Flash Sederhana
Pada tutorial ini saya menggunakan action script 2.0 dan adobe flash CS3. Maafsebelumnya jika pada gambar terdapat bahasa yang aneh. Saya sendiri tidak tahu itubahasa apa.
Pembukaan
1.Buatlah new flash document dengan ukuran stage 500x400 pixels dan 20 fps.2.Buatlah 3 layer baru dan beri masing masing layer dengan nama bg, simbol,labeldan action.3.Seleksi seluruh frame 1 pada semua layer lalu sambil menekan tombol ctrl seleksiseluruh frame 5,frame 10,frame 15,frame 20, frame 30, dan frame 35 di semualayer, lalu tekan F7.4.Seleksi frame 40 di semua layer,lalu tekan F5.5.Klik layer label lalu. Klik frame 1 dan buka panel properties lalu ketikkan menupada kolom frame label. Ulangi hal yang sama pada frame 5,10,15,20,30,dan 35dengan masing masing nama about,help,highScore,game,gameover dan win.6.Klik frame 1 layer action lalu tekan F9. masukkan script :stop();lakukan hal yang sama pada frame 5,10,15,20,30,35 layer action.Lihat pada gambar 1.1Gambar 1.17.Klik frame 1 layer simbol dan buatlah 5 tombol play,highscore,help,about dan exit.8.Klik tombol play lalu tekan F9,masukkan script :
on(release){gotoAndPlay("game")}
8.klik tombol highscore lalu tekan F9, masukkan script :
http://htmlimg1.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/1-996a33c676.jpg
 
on(release){gotoAndPlay("highScore")}
9. klik tombol help lalu tekan F9, masukkan script :
on(release){gotoAndPlay("help")}
10.klik tombol about lalu tekan F9, masukkan script :
on(release){gotoAndPlay("about")}
11. klik tombol exit lalu tekan F9, masukkan script :
on (release) {fscommand("quit", "");}
12.buat tombol back di frame 5 layer simbol. Tekan F9 lalu masukkan script :
on(release){gotoAndPlay("menu")}
Copy tombol back tersebut lalu paste-kan di frame 10 dan 15 layer simbol.13.Buat 2 buah dynamic text di frame 15 layer simbol beri masing-masing dengannama variable tampil1 dan tampil 2. Buat sebuah tulisan menggunakan static text“HIGHSCORE” pada frame 15 layer bg,dan ketakkan di kiri atas stage.Lihat padagambar.
http://htmlimg1.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/2-d2588818d8.jpg
 
Gambar 1.2Klik frame 15 layer action,tekan F9 lalu tambahkan script :
tampil1 = "";tampil2 = "";DataSkor = SharedObject.getLocal("masukkanSkor");DataSkor.data.pemain.sortOn("skornya",Array.DESCENDING | Array.NUMERIC);if (!DataSkor.data.pemain) {DataSkor.data.pemain = new Array();DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.sortOn("skornya",Array.DESCENDING |Array.NUMERIC);}for (i=0; i<10; i++) {tampil2 += DataSkor.data.pemain[i].skornya+newline;}for (i=0; i<10; i++) {tampil1 += DataSkor.data.pemain[i].namanya+newline;}
Membuat Bagian Utama Game
14.Klik frame 20 layer simbol dan buat 2 buah static text,masing-masing ketikkan“score :” dan “level :”[tanpa tanda kutip]15.buat 3 buah dynamic text masing-masing beri nama variable skor_txt,level_txt,dan nyawa_txt. Lihat pada gambar.
http://htmlimg4.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/3-f02e17cf53.jpg




16.buat karakter kecoa beserta musuh serta bonusnya seperti berikut atau sesuaikreativitas anda. Convert menjadi movie clip dan masing-masing diberi nama : 17.hapus seluruh movieclip tersebut dari stage kecuali movieclip kecoa .18.Klik kanan movie clip bonus_nilai pada library. Klik linkage. Beri tanda centangpada export for actionscript. Masukkan identifier seperti yang tertulis diatas.19.Ulangi langkah 18 pada movieclip tulang,bonus_nyawa, kotoran, d_kotoran,s_kotoran, dan tengkorak.20.Klik movieclip kecoa, buka panel properties,pada kolom instance name ketikkankecoa. kecoabonus_nilailinkage:bonus_nilaitulanglinkage:tulangbonus_nyawalinkage:bonus_nyawatengkoraklinkage:tengkoraks_kotoranlinkage:s_kotorand_kotoranlinkage:d_kotorankotoranlinkage:kotoran
http://htmlimg4.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/4-d70e48735b.jpghttp://htmlimg4.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/4-d70e48735b.jpg
 
Gambar 1.421.Drag movie clip kecoa dari library ke stage [tanpa instance name],lalu kecilkanukurannya dan letakkan di sebelah dynanic text nyawa_txt.22.Klik frame 20 layer bg. Buatlah 4 buah persegi panjang berwarna putih,sesuaikandengan panjang dan lebar stage. Lihat pada gambar.Gambar 1.523.Seleksi kotak putih yang atas,convert menjadi movieclip. Beri nama dinding_atas.Pastikan titik registration berada di tengah bawah. Klik movieclip dinding_atasdan beri instance name dinding_atas.24.Ulangi langkah 23 pada kotak di kiri,bawah dan kanan. Beri nama dan instancename :
Nama :dinding_kiri, instance name :dinding_kiri
Nama :dinding_bwh, instance name :dinding_bawah
Nama :dinding_kanan, instance name :dinding_kanan25.Buatlah sebuah static text bertuliskan NEXT LEVEL. Convert static text tersebutmenjadi movieclip dengan nama nextLevel.


http://htmlimg1.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/5-ceb8172c95.jpg









 
}}if (waktu<23) { waktu += 10;bonus_nilai = attachMovie("bonus_nilai","bonus_nilai"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(),{_x:20+random(430), _y:1});bonus_nilai.onEnterFrame = function() {this._y += kecepatanBonus;this._rotation += 5;if (this.hitTest(kecoa)) {skor += 250;this.removeMovieClip();}};}}if (skor>=2500*level and level<10) {nextLevel = attachMovie("nextLevel", "nextLevel", 200, {_x:250, _y:250});level++;kecepatanTulang += 2;kecepatanKotoran++;kecepatanNyawa += 2;kecepatanBonus++;}//jika nyawa = 0 maka gameoverif (nyawa<1) {nextLevel.removeMovieClip();gotoAndPlay("gameover");}//jika sudah menyelesaikan level 10 maka menangif (level == 11) {gotoAndPlay("win");nextLevel.removeMovieClip();}};
Pembuatan Bagian Akhir
30.Klik frame 30 layer bg, kemudian buat tulisan GAME OVER menggunakan statictext.31.Klik frame 30 layer simbol. Buat 2 buah static text masing-masing bertuliskan“your sxore :” dan “your name :” [tanpa tanda kutip].32.Buat sebuah dynamic text disebelah tulisan “your score :”. Beri variable skor padadynamic text tersebut.33.Buat sebuah input text disebelah tulisan “your name :”. Beri variable nama padainput text tersebut.34.Buat 2 buah tombol masing-masing diberi nama playAgain_btn dan save_btn.Lalu drag tombol exit dari library ke stage.
 
35.Klik tombol save_btn,buka panel properties dan masukkan save sebagai instancename.36.Klik tombol playAgain_btn,tekan F9 lalu masukkan script :
on(release){gotoAndPlay("menu")}
37.Klik tombol exit,tekan F9 lalu masukkan script :
on (release) {fscommand("quit","")}
38.Copy seluruh isi frame 30 layer simbol lalu paste-kan ke frame 35 layer simbol.39.Klik frame 30 layer action,tekan F9 lalu masukkan script :
nama = "Insert your name";function simpanScore(score, player) {DataSkor = SharedObject.getLocal("masukkanSkor");if (!DataSkor.data.pemain) {DataSkor.data.pemain = new Array();DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});}DataSkor.data.pemain.push({skornya:score, namanya:player});DataSkor.flush();}save.onRelease = function() {simpanScore(skor,nama);gotoAndStop("highscore")};
40.Klik frame 35 layer action,lalu tambahkan script yang sama seperti frame 30 layeraction.41.Klik frame 35 layer bg. Tambahkan tulisan “CONGRATULATION!! YOUWIN!!” menggunakan static text.
Penyelesaian
42.Klik frame 5 layer bg. Tambahkan keterangan tentang game yang Anda buattersebut, contoh lihat pada gambar .
 
Gambar 1.743.Klik frame 10 layer bg. Buat tulisan “HELP” mrnggunakan static text.44.Buat sebuah kotak ditengah-tengah stage. Drag movieclip kecoa,bonus_nilai,tulang, bonus_nyawa, kotoran, d_kotoran, s_kotoran, dan tengkorak ke dalamkotak tersebut dan perkecil ukurannya.45.Sesuaikan posisinya,beri keterangan dengan static text dan atur seperti gambarberikut.Gambar 1.8
http://htmlimg3.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/11-51a55b6de0.jpghttp://htmlimg3.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/11-51a55b6de0.jpg
 
46.Jika Anda menginginkan background pembuka yang lebih baik, Anda bisamembuatnya sendiri. Contoh background pembuka.Gambar 1.947.Letakkan background tersebut di frame 1 layer bg.48.Simpan game dengan nama the bone eater cockroachDemikian tutorial yang singkat ini. Mungkin masih ditemukan banyak kesalahan padatutorial ini. Mohon dimaklumi, karena yang membuat tutorial ini masih sangat pemula(hehehe). Kritik dan saran akan Saya terima dengan senang hati.Contact person:
therealtoxin@gmail.comcopyright © 2010 husain,inc
http://htmlimg3.scribdassets.com/46vc9kd9dsohk7h/images/12-a38171642d.png

















Cara Membuat Game Matematika Flash (Download)


Membuat game flash matematika In this tutorial, we will create asimple arithmetic flash game. You can use Macromedia Flash 8 or Adobe Flash CS 3. Langkah 1: Buka sebuah file baru dengan ukuran default (550 x 440) , ubah warna background menjadi hijau. Buatlah sebuah tulisan judul "Online Test". Selanjutnya buatlah sebuah kotak berwarna merah dengan garis tepi putih. Perhatikan Gambar. 1st Step: Open a new file with the default size (550 x 440), change the background color to be green. Create a title with a text and type "Online Test". Then make a box with a red as a fill color and white as a stroke color. See a picture. Langkah 2 : Tambahkan di atas kotak merak tersebut dynamic text dan beri nama variabelnya "angka_1", Copy dynamic text tersebut dan pastekan di sampingnya, ubah nama variablenya menjadi "angka_2", sisipkan ditengah-tengahnya tanda tambah menggunakan static teks dan tanda sama dengan setelah teks angka_2. Kemudian buat lagi input teks dengan nama variabelnya "jawab", beri juga nama instance namenya dengan nama "answerBox" dan pilih "show border around text". Perhatikan gambar 2nd step : Add a dynamic text above red box and name it variable with "angka_1", Copy text, and paste a dynamic , change the variable name to "angka_2", Add a plus symbol with static text between two dynamic texts and also add a equal symbol after a second dynamic text, then make input text with variable name "jawab", also give the instance name with "answerBox" and select "show border around text". See a picture Langkah 3 : buat 2 buah tombol di bawah kotak merah masing-masing dengan nama tombol random dan tombol check. 3rd step: create 2 button below the red box and name with a random button and check button. Langkah 4 : Buat sebuah movie clip dari static teks, misalnya "Correct Answer", beri nama instancenya "true_answer". Klik 2 kali movie clip tersebut untuk masuk ke area movie clip "true_answer", Klik frame 1, tahan dan geser ke frame 2, sehingga tidak ada objek di frame 1, lalu klik frame 10, klik kanan dan pilih insert keyframe. kembali ke frame 1 tekan tombol F9 dan masukkan kode berikut: stop(); 4th step: Create a movie clip from the static text,for example "Correct Answer", give the instance name with "true_answer". Click 2 times thisthe movie clip into movie clip area "true_answer", Click frame 1, hold and slide to the frame 2, so there is no object in the frame 1, then click on frame 10, right-click and select insert keyframe. Back to frame 1 and press F9 key and enter the following code: stop (); Langkah 5 : Ulangi langkah 4 untuk jawaban yang salah, namun tulisannya adalah "Wrong Answer, try again". beri nama instancenya "wrong_answer". 5th step : Repeat step 4 for the wrong answers, but the letter is "Wrong answer, try again". give instance name with "wrong_answer". Langkah 6 : Kembali ke stage utama, tambahkan sebuah layer action, klik frame 1 layer action dan masukkan action script berikut: 6th Step: Back to the main stage, add a layer action, click action layer frame 1 and enter the following action script: problem(); function problem() { var _loc1 = 2+random(8); var _loc2 = 2+random(8); angka_1 = Math.floor(_loc1); angka_2 = Math.floor(_loc2); jawab = ""; Selection.setFocus(_root.answerBox); stage.focus = _root.answerBox; _root.answerBox.setSelection(0, 1); } function check_answer() { if (angka_1+angka_2 == jawab) { true_answer.play(); problem(); } else { wrong_answer.play(); Selection.setFocus(_root.answerBox); } } Langkah 7 : Klik tombol random dan masukkan action script berikut: 7th step : Click a random button and enter the following code: on (press) { problem(); } Langkah 8: Klik tombol check dan masukkan action script berikut: 8th step : Click a check button and enter the following code: on (press) { check_answer(); } Silahkan test movie, jika langkah di atas benar, maka hasilnya adalah sebagai berikut